Pengertian E-Government, Transportasi Online, Telepon Seluler, E-Health dan Mobile Self Driving

 


E-Government

E-Government adalah penggunaan information and communication technology ( ICT ) untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak – pihak lain. Penggunaan ICT ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru, seperti G2C ( government to citizen ), G2B ( government to business ) dan G2G ( inter – agency relationship ).

Manfaat E-Government Bagi Masyarakat

Selain prestasi pemerintah dalam pelaksanaan pemerintahan yang lebih baik sejak reformasi, tentu saja, implementasi e-government dapat memberikan manfaat tambahan kepada masyarakat lebih:

1.       Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder (warga, bisnis, dan industri), terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi kinerja di berbagai bidang kehidupan negara.

2.       Meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas pemerintah dalam rangka menerapkan konsep good governance di pemerintahan (bebas korupsi).

3.       Secara signifikan mengurangi total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk keperluan aktivitas sehari-hari.

4.       Memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan para pemangku kepentingan.

5.       Menciptakan lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan akurat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada.

6.       Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pembuatan kebijakan publik secara merata dan demokratis.

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam aplikasi e-government akan mengubah cara interaksi pemerintah dengan masyarakat. Penerapan teknologi untuk melayani masyarakat melalui aplikasi e-government akan membuat layanan menjadi semakin baik.

 

Transportasi Berbasis Online

Aplikasi transportasi berbasis online dipelopori oleh Uber yang ada sejak Maret 2009. Aplikasi ini memungkinkan seorang pemilik mobil menyewakan mobilnya menjadi taksi yang dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi online.

Ide berdirinya Uber muncul ketika dua orang sahabat Travis Kalanick dan Garrett Camp kesulitan mendapatkan tumpangan taksi di malam hari pada musim dingin di Paris. Dari pengalaman itulah muncul ide bagaimana jika seseorang dapat memesan taksi hanya dengan satu kali klik. Pada 5 Juli 2010, pesanan uber pertama dilakukan di San Fransisco. Pada Desember 2011, Uber resmi beroperasi secara internasional.

DI Indonesia, layanan transportasi berbasis online dioperasikan oleh gojek dan grab. Gojek didirikan pada 12 Oktober 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim dan Kevin Aluwi. Sedangkan Grab, perusahaan layanan transportasi online dari Malaysia, masuk ke Indonesia sejak tahun 2014.

 

Telepon Seluler (ponsel)

Telepon seluler berkembang dari teknologi radio yang telah ada sejak tahun 1940-an. Telepon bergerak menggunakan gelombang radio telah lama digunakan di taksi, mobil polisi, dan kendaraan lainnya.

Telepon seluler pertama digunakan pada tahun 1946 oleh polisi Swedia. Namun, telepon ini membutuhkan daya yang sangat besar. Pada tahun 1950, Ericsson mengembangkan system telepon bergerak yang disebut MTA (mobile telephone system A). Kebutuhan daya yang besar membuat berat telepon ini mencapai 40 kg. Generasi penerusnya, yaitu MTB (Mobile Telephone System B), diperkenalkan pada tahun 1965. MTB dilengkapi dengan transistor dan mempunyai ukuran yang lebih kecil, tetapi masih mempunyai berat 9 kg.

Teknologi sesluler modern dimulai pada tahun 1947 ketika D.H. Ring dari Nell Labs menemukan teknologi sel heksagonal untuk seluler. Sel heksagonal adalah suatu wilayah atau daerah yang berada dalam jangkauan Menara BTS yang bentuknya segi enam.

Di Indonesia, era telepon seluler modern dimulai pada tahun 1993, ketika PT Telkomsel mulai membuat layanan GSM. Pada tahun 1994, PT. Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) membuka layanan serupa pada tahun 1996, diikuti oleh PT Excelcomindo Pratama. Pada tahun 2003, satelindo diakuisisi oleh PT. Indosat.

Layanna telepon seluler yang awalnya menggunakan teknologi GSM telah berkembang menjadi EDGE, 3G, 3.5G, 4G dan sedang menunggu penerapan 5G. Dengan penggunaan teknologi tersebut, layanan data melalui operator seluler menjadi sangat cepat dan tentu saja diiringi dengan pemanfaatan dan aplikasi-aplikasi yang berbeda.

Smartphone juga dapat digunakan untuk memantau lingkungan, mengontrol dan mengendalikan perangkat rumah tangga, serta memantau dan mengontrol kerja mesin di pabrik. Bagi orangtua yang meninggalkan anak di rumah saat bekerja, smartphone dapat digunakan untuk memantau kondisi anak dan lingkungan rumah melalui kamera web atau IP camera yang terhubung internet.

 

E-Health

E-Health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Bentuk penggunaan TIK dalam bidang kesehatan mencakup pencegahan, diagnosis, terapi, serta perawatan melalui teknologi digital.

Bentuk penggunaan TIK tersebut dikembangan dalam berbagai aplikasi, termasuk pengobatan jarak jauh (telemedicine) Health, perawatan jarak jauh, e public helath dan lain-lain.

Dalam bidang kesehatan, TIK digunakan untuk beberapa peranan, diantaranya sebagai berikut:

a.       Administrasi; untuk mencatat pelayanan kesehatan yang diberikan ke pasien.

b.      Perawatan pasien langsung; melakukan tindakan atau perawatan langsung terhadap pasien.

c.       Information dan Komuniksi; Untuk membantu proses pelayanan kesehatan, seperti konsultasi.

d.      Informatika; proses diagnosis pasien menggunakan machine learning dan lain-lain.

e.      Penelitian; untuk penelitian peningkatan pelayanan kesehatan.

Beberapa aplikasi layanan kesehatan dengan memanfaatkan TIK:

a.       Konsultasi Dokter online

Pemberian konsultasi gratis kepada masyarakat.

b.      Electronic Health Record

Sistem rekam medis elektronik. Dalam system ini data pengobatan pasien disimpan dalam kartu elektronik.

c.       Clinical Decision Support System

Sistem pintar untuk memberikan rekomendasi diagnosis dan penanganan kepada dokter dan perawat.

d.      WebMD Pain Coach

Dapat digunakan untuk manajemen pemicu dan trend untuk meningkatkan kualitas hidup.

e.      Glucose Buddy

Digunakan untuk epngaturan gula darah.

f.        UCheck

Aplikasi yang membatnu pengguna untuk mengnalisis sampel urine untuk sepuluh kondisi.

g.       Clinical Trial Sek

Digunakan untuk mencari pasien dan dokter yang bersedia untuk melakukan uji klinis dari basis data Nasional

h.      Healthy Heart

Aplikasi ini digunakan oleh pasien dengan resiko penyakit jantung yang tinggi.

i.         Kardia Mobile

Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna yang memiliki gejala penyakit jantung.

j.        CDC

Aplikasi yang menyediakan perpustakaan lengkap tentang informasi kesehatan, akses ke jurnal kesehatan, serta informasi

 

Mobile Self Driving

Salah satu teknologi yang saat ini dinantikan kehadirannya adalah teknologi kendaraan self driving. Teknologi ini akan memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.

Jika diterapkan dalam kehidupan manusia, teknologi ini akan memberikan perubahan besar terhadap cara manusia hidup.

Mobil self driving dikembangkan dengan beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut;

a.       Kendaraan Self driving dinilai lebih aman dibandingkan kendaraan yang dikemudikan oleh manusia karena bebas factor kelelahan, emosi, dan kondisi sakit.

b.      Pada saat berjalan, mobil self driving selalu pada kondisi siaga dan aktif mengawasi lingkungan dari berbagai arah.

Saat ini ada beberapa teknologi yang digunakan membuat mobil self driving dapat direalisasikan, diantaranya sebagai berikut;

a.       Sensor IoT

Untuk mengawasi lingkungan dan pergerakan dari benda atau manusia di sekelilingnya. Mobil self driving menggunakan berbagai sensor IoT, yaitu sensor pengawasan blind spot, peringatan tabrakan, radar, kamera dan lain-lain

b.      Konektivitas Iot

Mobil self driving membutuhkan data jalan dan lalu lintas, cuaca, peta, kendaraan di sekelilingnya, serta kondisi permukaan jalan raya.

c.       Algoritma Perangkat Lunak

Data yang diterima melalui internet akan dianalisa untuk menentukan keputusan terbaik. Mobil akan memutuskan apakah harus berhenti, berjalan, menambah kecepatan, memilih rute, dan sebagainya. Semua keputusan itu diambil setelah melakukan analisa data dengan menggunakan algoritma yang canggih.

Saat ini ada dua perusahaan teknologi informasi yang gencar mengembangkan mobil self driving, yaitu Google dan Tesla.

Posting Komentar

0 Komentar